Digigit Ular sampai Dakwahi Napi, Inilah 4 Fakta Mendiang Ustaz Arifin yang Jarang Diketahui – motifviral.com | Portal Berita Unik | Viral

Baru-baru ini ditengah kericuhan di Jakarta pada tanggal 21 Mei sampai 22 Mei, berita duka datang dari keluarga Ustaz Arifin Ilham. Di mana dikabarkan kalau pendiri majelis taklim bernama Az-Zikra itu berpulang untuk selamanya. Kepergian sang Ustaz ke rumah tuhan tersebut, setelah sebelumnya berjuang keras dan cukup lama melawan sakit kanker getah bening, yang konon sudah dideritanya sejak bulan Desember.

Ngomong-ngomong tentang Ustaz Arifin, selain dikenal sebagai salah satu Dai kondang tanah air, almarhum juga merupakan penceramah yang mempunyai suara khas. Di mana ketika menyampaikan materi atau memimpin berzikir suaranya serak. Masih terkait almarhum, berikut beberapa fakta tentang mendiang Ustaz Arifin yang jarang diketahui khalayak ramai.

Sempat jalani perawatan rumah sakit lantaran ular

Selain terkenal sebagai Ustaz yang kerap menggabungkan dakwah dengan berzikir, mendiang Arifin Ilham juga dikenal sebagai sosok penyuka binatang. Dilansir Boombastis dari Tempo.com, Beberapa hewan yang di peliharaannya adalah burung hantu, kera, ayam kate, sampai ular.

Ilustrasi ular [Sumber Gambar]

Khusus untuk nama hewan terakhir tersebut, pria yang lahir pada tahun 1968 ini sempat punya cerita tidak mengenakan dengan reptil tersebut. Di mana akibat gigitannya, almarhum sempat alami kondisi kritis dan harus rela menjalani perawatan berbulan-bulan di rumah sakit Saint Carolus, Jakarta.

Pernah melakukan dakwah di lapas ngeri Indonesia

Masih tentang fakta sang Ustaz yang tidak banyak diketahui. Almarhum juga sempat melakukan dakwah di sebuah tempat di Indonesia yang menyimpan penjahat-penjahat kelas kakap. Ketika itu dirinya menyambangi LP Nusakambangan untuk melakukan kegiatan zikir bersama. Selain tempat tersebut, pria yang ketika berpulang sudah masuk usia kepala empat ini, juga zikir dan berdakwah untuk para narapidana di LP Cipinang.

LP Nusakambangan [Sumber Gambar]

Berbicara tentang aksinya dakwah semasa hidup, dalam sejarahnya mendiang Arifin Ilham juga sempat lakukan safari dakwah ke ratusan daerah di Indonesia. Saat melakukan kegiatan tersebut, tercatat ada 512 Kota/Kabupaten yang dikunjunginya. Pada umumnya materi yang dibawakannya adalah, mengenai menenangkan hati, terutama mengangkat 7 sunnah yang harus ditegakkan dari junjungan Rasulullah.

Dalam hidupnya pernah membangun sebuah masjid cantik

Selain kedua hal tadi, dalam perjalanan hidupnya mendiang Arifin Ilham juga sempat membangun sebuah tempat ibadah orang islam. Berada di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, masjid yang dari luar terlihat cantik tersebut dinamai Az-Zikra. Menurut pemberitaan Okezone.com, Masjid ini dibangun sangat megah dan lokasinya berada di kawasan udara yang sejuk.

Masjid Az-Zikra [Sumber Gambar]

Tidak sekedar membangun tempat ibadah saja, dari penelusuran yang dilakukan penulis, pria 49 tahun ini juga mendirikan pondok pesantren. Dinamai Az-Zikra ponpes tersebut berada di wilayah Gunung Sindur. Dengar-dengar di tempat inilah nantinya mendiang Ustaz yang memiliki suara khas tersebut akan dimakamkan.

Sudah mendalami islam sejak usia belasan tahun

Kalau melihat perjalanan karier Ustaz Arifin Ilham, ternyata diam-diam dirinya sudah terjun di dunia ceramah sejak berusia belasan tahun. Dilansir dari laman Okezone.com, di umurnya yang masih 16 tahun, pria asal Banjarmasin ini sudah suka melakukan dakwah. Ketika itu, beliau masih menimba ilmu di pondok Pesantren As-Syafiiyah Jakarta.

Mendiang Ustad Arifin Ilham berzikir [Sumber Gambar]

Seperti telah disinggung di awal tadi, kebiasaannya dalam menyampaikan ajaran-ajaran islam adalah dengan menggabungkan ceramah dan berzikir. Lantaran banyak suka dengan metodenya tersebut, beberapa kali almarhum Ustaz Arifin Ilham dipanggil untuk mengisi acara-acara keagamaan di televisi-televisi swasta Indonesia.

BACA JUGA: Dari Berandalan Hingga Pendakwah, Inilah 5 Fakta Ustadz Evie Effendi yang Jarang Diketahui

Begitulah tadi sekilas fakta jarang diketahui mengenai sosok almarhum Ustaz Arifin Ilham. Semoga lewat amal dan ibadahnya, beliau bisa ditempatkan di tempat terbaik di akhirat nanti. Kira-kira hal apa yang kalian ingat dari DAI kondang satu ini?

https://www.boombastis.com/ustaz-arifin-ilham-meninggal/225081

News Feed